Categories
Media Coverage

Berita Kota – Alvin Juara, Sunny Pimpin Klasemen

Berita Kota – 13 November 2006

Persaingan Indonesian Super Touring Car Championship (ISTCC) sampai gelaran seri kelima Pertamina Fastron Indonesian Touring Car Championship (ITCC) makin ketat. Itu terjadi setelah terjadi kejutan dengan tampinya Alvin Bahar (Gudang Garam Honda RT) sebagai juara pertama pada seri kelima di Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (12/11).

Alvin menyelesaikan 12 putran dengan catatan 21 menit, 12,863 detik. Ia berhasil mengalahkan rival utamanya yang juga pimpinan klasemen sementara Sunny TS (Eneos Firna Racing Sun). Pembalap asal Riau ini berada di urutan kedua dengan catatan 21 menit, 16,102 detik. Juara ketiga ditempati Robert Paul (Falken RT), diikuti Michael Indrajaya (Ayam Merak Firna Racing) dan Gerry Nasution (Dioga racing).

Pertarungan di kelasn ISTCC ini berlangsung ketat, Alvin yang menempati start pertama, berhasil dilampaui Sunny TS di tikungan ketiga. Sejak itu Sunny yang turun dengan Honda Estilonya trus memimpin lomba sampai putaran keenam. Alvin dengan Honda Civic dengan kekuatan mesin lebih besar 200cc, mampu mengambil kembali posisi terdepan. Keunggulan itu berhasil dipertahankan Alvin sampai menyentuh garis finish.

“Saya puas dengan kinerja kendaraan kami hari ini. Semuanya berjalan dengan baik, bahkan catatan waktu saya menjadi rekor terbaru di kelas ini. Sukses ini berkat kerja keras mencari seting terbaik sejak beberapa pekan terakhir,” ujar Alvin.

Sunny mengaku tidak terlalu menyesali kegagalan menjadi juara. Menurutnya juara kedua di seri ini sudah cukup baik untuk tetap mempertahankan posisinya di puncak klasemen. “Kendaraan saya memang kalah tenaga dibanding milik Alvin. Kalau di tikungan saya masih bisa bersaing tetapi kalau di lintasan lurus, mobil Alvin lebih kencang. Hasil ini sudah cukup baik, Saya masih bisa mempertahankan posisi teratas di klasemen sementara,” ujar Sunny.

Incar 3 Besar

Kegagalan menembus finis pertama menjadi pelajaran berharga bagi Sunny dan timnya untuk menghadapi seri terakhir pada Desember mendatang. Sunny sudah tiga kali menjadi juara musim. Ia hanya perlu masuk tiga besar pasa seri terakhir untuk menjadi juara umum. “Saya hanya butuh masuk masuk tiga besar untuk menjadi juara umu. Tapi saya akan tetap ngotot untuk menjadi juara seri. Mungkin juga saya akan menggunakan mobil yang kekuatannya sama dengan Alvin atau tetap dengan kendaraan yang sekarang tetapi dengan kemampuan yang ditingkatkan. Kami akan melakukan evaluasi sebelum memutuskan langkah selanjutnya,” ujar Sunny yang juga menjadi juara pertama di kelas GT Car Championship dengan kategori Suzuki Swift.

Di kelas ITCC, Imin Brata (sigma Speed) tampil sebagai juara. Juara kedua ditempati Deva (Sagung Grup), diikuti Benny (AP Speed), Heri Agung (Ayam Merak) dan Hari Dharma (TTI). Hari Dharma (TTI) menguasai kelas GT Car Championship. Juara kedua ditempati rekan setimnya Dandy Rukmana, diikuti Chandra Alim (Yellow Pages) dan Imin Brata.

GT Radial Makin serius penyelenggaraan seri kelima ini. Marketing Departement GT Radial Johannes Maria mengatakan, pihaknya sangat gembira dengan penyelenggaraan kejuaraan d yang semakin meningkat. Hal itu dengan adanya dukungan langsung 3 ATPM yang tutun di arena ini.

“Kami makin mantap mendukung even ini. Bahkan mulai seri keenam bulan depan, seluruh peserta wajib menggunakan ban baru kami Champiro MPX. Rencananya mulai pekan depan. Uji coba ban baru akan dilakukannya,” jelasnya.