Top Skor – Kemenangan Sunny Belum Sempurna

Top Skor – 7 April 2008

Sunny Ts mengawali Kejurnas Balap Mobil Turing kelas Indonesia Grand Touring Car Championship (IGTC/GT Car) kelas Master dengan manis. Di seri pertama ajang bertajuk Fastron Pertamax Touring Car Championship , Minggu (6/4), pembalap tim Honda Jakarta Center Racing itu tampil sebagai yang terbaik setelah menyelesaikan 18 lap. Posisi kedua dan ketinganya masing-masing ditempati Haridharma Manoppo (Djarum TTI) dan Chandra Alim (Honda Bandung Center).

Sukses Sunny tak terlepas dari insiden yang dialalmi Dodi Sukarya, Rekan setimnya. Dodi yang start dari Pole Position tiba-tiba mengerem mendadak di tikungan S kecil saat lomba memasuki lap kedua (total 18 lap).

“ Lampu belakang mobil Dodi menyala tapi agak aneh. Tiba-tiba dia mengerem keras dans aya juga melakukan hal yang sama tetapi karena jarak terlalu dekat dan ban langsung mengunci. Mobil saya menyenggol mobil Dodi,” Papar Sunny yang start dari grid kedua. “Kemenangan ini akan lebih sempurna dika rekan setim saya tidak bermasalah,” kata Sunny setelah tahu Dodi hanya meraih satu poin (finish ke 12). Total, Dodi ngemas dua poin. Satu poin lagi diperolehnya sebagai bonus merebut pole position.

Peraih finis kedua, Hari dharma mengaku terkejut melihat hasil lomba jika mengingat posisi startnya hanya kedelapan. “kunci sukses saya ini adalah menjaga kecepatan agar tetap konstan,” kata runner up GT Car 2007 itu.

Di seri kedua (1 Juni) sesuai regulasi, enam pembalap yang finis teratas akan terkena tambahan beban (weight penalty) seacara berurutan mulai 60kg – 10 kg. “Ini bukan hal baru jadi kami hanya akan menyesuaikannya dengan menyetel suspensi,” kata Hari. “Kami akan menggunakan basis data musim lalu, jadi saya kira bukan masalah serius,”imbuh Sunny.

Dikategori Indonesian Super Production Championship (ISPC) dan Indonesia Touring Car Championship (ITCC), lomba dua kelas yang disatukan itu sempat dihentikan karena hujan lebat yang mengguyur diawal-awal lomba. Alhasil, lomba yang semula dijadwalakn 12 lap hanya berlangsung 10 putaran.

Renaldo Putrokoesoemo (Djarum YYI) tampil sebagai kampiun kelas ITCC. Posisi tiga besar ISPC ditempati Eko Lurianto (DEA Racing / Toyota), Yogi Primantoro/ Eneos Firna Racing Sun/Honda), dan Farisz (Oto Multi Artha).

Klasemen Sementara GT Car
1.Sunny TS (Honda Jakarta Center / Honda Jazz V Tech)   15 poin
2.Haridharma Manoppo ( Djarum TTI / Toyota Yaris)         12 poin
3.Chandra Alim (Honda Bandung Center / Honda Jazz)      10 poin
4.Alvin Bahar (Honda Fastron Racing / Honda Jazz)           9 poin
5.Shugeriawan S (Aldira Racing / Honda Jazz)                   8 poin