Berita Kota – Sunny TS Finis Ketiga Asian Touring Car 1500 Max

Berita Kota – Minggu 20 Juli 2008
Salah Satu pembalap touring terbaik Indonesia Sunny TS (Honda Jakarta Center Racing Team) berhasil menjadi juara ketiga putaran kelima Asian Touring Car 1500 Max 2008 di Sirkuit Sentul, Bogor Sabtu (19/7). Keberhasilan menempati juara ketiga itu sangat luar biasa, karena Sunny tanpa melakukan persiapan khusus untuk mengikuti kejuaraan ini.
“Kami baru memutuskan untuk tampil pada Kamis Pagi kemarin. Saat ini kami langsukng buru-buru membawa Honda Jazz VTec, yabf terakhir saya gunakan di GT Car dua pekan lalu, ke Sentul untuk mengikuti scrutineering. Bahkan saat latihan bebas pertama, Jumat pagi, saya belum bisa ikut, karena mobil belum siap. Baru pada latihan kedua sore harinya saya baru bisa latihan,” urai Sunny saat dihubungi semalam.
Akibat persiapan yang mendadak itu, Sunny dan HJC-Petronas tidak terpikir tentang target di kejuaraan ini. Apalagi di kejuaraan ini, Para peserta wajib menggunakan ban resmi michelin, sementara pada seri GT Car lalu menggunakan GT Radial.
“Kami harus mencari settingan lagi karena ukuran bannya lebih tebal. Dari situlah kami realistis dan mencoba tampil semaksimal mungkin saja. tetapi hasilnya diluar dugaan kami,” jelas Sunny.
Menurut Sunny, Asian Touring Car 1500 Max Challenge dibagi dua divisi. Sesuai dengan spesifikasi kendaraan, Sunny berada di divisi II bersama Chandra Alim, Fino Saksono, Renaldo Kusumo, Palma Punta Hertyanto, dan Arief Winoro, sementara Hari Dharma (Djarum TTI) dan dua pembalap Malaysia Faidzil Alang serta Syafiq Ali di divisi I.
“Kalau divisi I,kendaraan boleh dimodifikasi dan bannya juga ban balap. Sementara divisi II kendaraan tidak boleh dimodifikasi dan bannya menggunakan ban jalan raya.” jelas Sunny.
Fakta itulah yang membuat Sunny merasa gembira. Apalagi di QTT, ia berhasil menempati posisi kedua. Juara pertama dan kedua putaran kelima ditempati Faidzil Alang diikuti rekan setimnya Syafiq Ali dan SUnny, yang juga menempati posisi teratas divisi II.
Dengan hasil itu, pada putaran keenam, Minggu (20/7), Sunny akan memulai start dari urutan ketiga dari bawah di depan Syafiq Ali dan Faidzil Lang. Itu sesuai dengan regulasi lomba dimana posisi start dibalik dari hasil sehari sebelumnya.
“Sebenarnya target  saya hanya partisipasi saja, Masak gelaran sebesar Afos ini tidak ada pembalap touring Indonesia yang turun. Siapa tahu ini menjadi awal bagi kami, para pembalap touring Indonesia untuk bisa berlaga di kancah Asia, seperti pembalap-pembalap lain gokar atau reli,” tandas Sunny, putra mantan Sekjen PP IMI Sunyoto Suprapto ini.